Jumat, 01 Mei 2015

Mimpi Nabi Yusuf








Mimpi Nabi Yusuf
























Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015, Yusuf ialah badputr? Nabi Ya’qub, diantara 2 belas masyarakat anak-anak Ya’qub, Yusuf selanjutnya Bunyaminlah yang amet dicintai. Keadaan indonesia melahirkan iri hati saudara-saudaranya yang lain. Yusuf wajahnya sungguh-sungguh tampan, berlimpah tampan melalui kepada saudara-saudaranya yang lain. Gaya tubuhnya sungguh-sungguh ramah. Apa lagi setelah ibunya (Rahil) wapat jadi ia makin disayang akibat ayahnya. Di satu malam ia bermimpi, ia mengecek sebelas bintang bulan selanjutnya matahari bersujud kepadanya. Esok harinya ia ceritakan rum ini pada ayahnya. “Sebelas bintang ialah saudara-saudaramu. Matahari ialah ayahmu, bulan ialah ibumu. Semuanya bisa menghormatimu, kelak kamu bisa maka masyarakat tinggi, jadi ngak usah hingga saudara-saudaram ngerti. Jika saudamu ngerti mereka bisa mencelakakanmu. ”

Akan tetapi tanpa setahu Yusuf selanjutnya ayahnya buktinya salah adalah saudaranya mengetahu pembicaraan ayahnya ini. Sejak waktu ini mereka makin membenci Yusuf selanjutnya kerap bergerak mencelakakannya. Di satu hari mereka mitna izin pada Nabi Ya’qub akan mengundang Yusuf berburu binatang. Mula-mula Nabi Ya’qub ngak mengijinkan, namun setelah mereka memperlihatkan kesanggupannya melindungi Yusuf dai bencana jadi Nabi Ya’qub ngak melarangnya lagi. Yusuf boleh beserta berburu, perlu bunyamin yang menemani Nabi Ya’qub dirumah. Pada tengah hutan, setelah berburu tiba-tiba mereka menangkap Yusuf. “Hei, ingin kalian apakan aku indonesia? protes Yusuf. “Diam! “bentak salah adalah kakaknya. Mereka akan membunuh Yusuf, tetapi ngak hingga hati, salah adalah mengusulkan supaya dimasukkan tertentu ke sungguh-sungguh sumur. Tentu banyak khalifah yang bisa mengambilnya selanjutnya Yusuf tentu bisa dijual seperti budak. Akan demikian Yusuf tersingkir melalui keluarga Ya’qub, usul ini disetujui.

Demikianlah Yusuf yang tengah mini ngakl berdaya sewakti saudara-saudaranya yang berlimpah tinggi memasukkannya ke sungguh-sungguh sumu. Sebelumnya baju Yusuf telah dilepas. Mereka kelak membunuh hewan, darahnya ditumpahkan ke baju Yusuf, setelah pulang mereka berkata bahwa Yusuf telah dimakan serigala - bajunya berlumuran darah. Nabi Ya’qb sungguh-sungguh sedih mengenal rum ini, demikian sungguh-sungguh kesedihannya hingga kerap menangis selanjutnya sampai-sampai matanya jadi buta.
Yusuf Menjabat Budak Belian
Bukan berapa suram Yusuf di dalam sungguh-sungguh sumur, banyak serombongan Kafilah yang akan menempuh broadcast. Mereka mendapatkan Yusuf, jadi Yusuf dibawaii seperti tawanan, mereka bisa menjualnya di dalam indonesia Mesir. Sesampai di dalam Mesir Yusuf benar-benar dijual seperti budak, pembelinya adalah menteri kerajaan bernama Kitfir, kelak menteri ini menyerahkan Yusuf pada istrinya ialahj Zulaiha. Kitfir selanjutnya Zulaiha ngak punya anak, mereka brmaksud mnjadikan Yusuf seperti anak angkatnya. Kini Yusuf hidup dilingkungan istana Kerajaan Mesir, makin suram makin tampaklah bahwa Yusuf adalah pemuda yang tampan lagi cerdas. Zulaiha kelak mengangkatnya seperti kepala pelayan di dalam istana.















Zulaikha Tergoda Ketampanan Nabi Yusuf













Paket Umroh Ramadhan 2015
, Untuk pemuda yang tampan selanjutnya baik Yusuf telah luar biasa ketertarikan Zulaiha, tidak seperti ibu selanjutnya anak, Zulaiha tercantol pada Yusuf seperti adalah wanita pada lelaki cukup umur. Di satu hari, disaat suaminya melakukan, Zulaiha mengenakan pakaiannya yang terunggul, beg perfume tertebar diseluruh tubuhnya, ia menghampiri Yusuf di dalam kamarnya. Yusuf berdebar kencang waktu mengecek penampilan Zulaiha yang lain melalui biasanya. Begitu menyolok selanjutnya merangsang. Berkata Zulaiha pada Yusuf: “Marilah Yusuf, seluruh jiwa selanjutnya ragaku kuserahkan kepadamu. “Yusuf nyaris tergoda, tetapi ia \ ingat pada Tuhan, ia jua berkata: “Aku berlindung pada Jesus dai perbuatan maksiat indonesia. Bagaimanakah aku bisa melancarkan perbuatan indonesia, lagi suamimu ialah Tuanku yang telah memuliakan selanjutnya berbuat cermat kepadaku, ialah ngak sebaiknya andai satu kebaikan dibalas oleh penghinaan. ”

Jadi tentu hati selanjutnya nalar Zulaiha telah dikuasai nafsu selanjutnya tergoda bujukan iblis. Ia ngakl menghiraukan keterangan Yusuf. “Yusuf” desah Zulaiha sambil menghambur selanjutnya memeluk Yusuf erat-erat. Bukan adalah jua mengecek kita. Bukan banyak yang tahu perbuatan kita. “Allah mengetahuinya! “Jawab Yusuf sambil berontak melepaskan diri, buru-buru ia melahikan diri melalui sungguh-sungguh kamar. Zulaiha mengejar selanjutnya berhasil memegang baju belakang Yusuf. Ia berharap Yusuf bisa berhenti selanjutnya ingin melayaninya. Akan tetapo Yusuf terus berlari hingga bajunya robek dibagian belakang. Pada waktu demikian tiba-tiba Kitfir adult dating, Zulaiha \ menghampiri suaminya selanjutnya berkata: “Yusuf akan memaksaku melancarkan perbuatan mesum. “Tidak! “Sahut Yusuf. “Dialah yang memaksa saya untuk melengkapi perbuatan keji ini. ”

Terjadilah saling tuduh menuduh, disaat demikian datanglah tetangga dekat sekaligus seperti penengah, berkata tetangga ini: “Kita lihat tertentu, andai baju Yusuf robek dibagian depan berarti santo akan memaksa Zulaiha berbuat mesum. Jika bajunya robek dibelakang ini pertanda Zulaiha yang memaksa Yusuf berbuat maksiat. “Kitfir memeriksa selanjutnya buktinya baju Yusuf robek di dalam bagian belakang, begitu malu pembesar kerajaan Mesir ini. Buktinya istrinya sendiri yang telah berbuat salah. Kitfir menghampiri Yusuf selanjutnya berkata: “Rahasiakanlah peristiwa indonesia, simpan baik-baik, ngak usah banyak masyarakat yang ngerti, selanjutnya kalian Zulaiha mohonlah ampun pada Tuhanmu atas dosa yang telah kamu mainkan, bertaubatlah Kepada-Nya oleh Taubat yang sebenarnya. ”
Pra Wanita Terpesona Akan Nabi Yusuf
Walau telah diusahakan supaya ngak bocor namun peristiwa Zulaiha oleh anak angkatnya ini hasilnya terdengar jua akibat tetangga kanan kiri. Pra wanita cermat tua atau cambio serupa mempergunjungkannya. Zulaiha merasa malu, sungguh-sungguh hati ia berkata: “Mereka belum sempat mengecek Yusuf \ semasa indonesia Yusuf kerap berada di dalam sungguh-sungguh rumah. Servilismo andakata mereka telah melihatnya, tentu berlimpah tergila-gila melalui kepada aku. “Pada satu hai Zulaiha mengundang afin de wanita yang telah mempergunjingkannya, seluruh wanita yang adult dating diberi buah-buahan selanjutnya sebilah pisau yang tajam akan mengupas buah-buahan yang dihidangkan ini. Disaat afin de wanita ini asyik mengpas buah oleh pisau ditangannya, Zulaiha memerintahkan pelayan akan memanggil Yusuf supaya berjalan diruang tamu.

Semuanya masyarakat terbelalak kagum sewakti mengecek penampilan Yusuf yang ganteng selanjutnya tampan ini. Semuanya tercengang selanjutnya sejenak abaikan diri. “Inilah pemuda yang kalian gunjingkan, buktinya kalian jua mengagumi kegantengannya, hingga tanpa sadar kalian telah mengupas kulit tangan kalian sendiri, “Kata Zulaiha. Yusuf \ akses ke sungguh-sungguh, kepada waktu itulah afin de wanita tadi anyar tersadar bahwa yang mereka kupas tidak buah yang dipegangnya namun tangan mereka sendiri, darah bercucuran, suasana maka strain and panic, oleh tersipu malu mereka \ balik pulang ke rumah masng-masing. Akan tetapi originel atas Zulaiha selanjutnya Yusuf tengah terus merebak ke seluruh penjuru. Pra wanita tengah mempergunjingkannya. Bagi menutupi aigara malunya jadi Kitfir hasilnya memasukkan Yusuf ke sungguh-sungguh penjara. Keadaan indonesia dilakukan via terpaksa bahwa walaupun Yusuf tepat selanjutnya Zulaiha salah tetapi Yusuf yang akses penjara.













Nabi Yusuf Dipenjara















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015
, Terkadang ngakl banyak jalan yang lain buat Kitfir, Yusuf disyaratkan dipenjara, andai ngak Zulaiha bisa terus tergoda selanjutnya siapa saja ngerti lama-lama Yusuf ngak mampu mempertahankan kesuciannya? Berangkat melalui pemikiran inilah Kitfir menjebloskan Yusuf ke sungguh-sungguh jeruji besi. Pada sungguh-sungguh penjara banyak 2 masyarakat pelayan incisión, yang perdana bernama Pene kepala bagian minuman. Kedua bernama Malhab kepala bagian makanan kue-kue. Keduanya dituduh akan membunuh Loncha oleh menaruh racun sungguh-sungguh makanan selanjutnya minuman. Pada sungguh-sungguh penjara Yusuf mengundang kedua masyarakat ini akan bertaubat, beribadah pada Jesus tertentu.

Di satu hari Pene menceritakan mimpinya pada Yusuf: “Aku bermimpi memeras anggur yang bisa kujadikan khamar. “ Pene minta Yusuf mengartikan mimpi ini, oleh tenang selanjutnya yakin Yusuf menerangkan artimai mimpi Pene: “Bergembiralah kamu Pene. Sebentar lagi kamu bisa dibebaskan melalui penjara, kamu bisa diterima lagi seperti kepala bagian minuman Loncha \ tuduhan terhadapmu ngak pasti. “Malhab menceritakan mimpinya selanjutnya mitna Yusuf mengartikannya: “AKu telah bermimpi membawa kue di atas kepalaku, sewakti itulah seekor burung hadir memakan kue ini. “Sayang 1x Malhab, kata Yusuf, “Kau bisa mendapatkan keberuntungan buruk, tuduhan terhadapmu pasti: Raka bisa menghukum kamu hingga mati di dalam tiang salib. Mayatmu bisa dimakan burung buas dimulai melalui kepalamu. ”

Sejumlah hari kelak tafsir mimpi ini pasti kebenarannya, Pene dibebaskan melalui tuduhan selanjutnya dibolehkan bekerja di dalam istana lagi, lagi Malhab didenda mati \ pasti kesalahannya akan meracuni Loncha. Sebelum keluar melalui penjara, Yusuf telah berpesan pada Pene supaya menyampaikan keadaannya di dalam sungguh-sungguh penjara. Ia pingin incisión meninjau balik keputusannya \ sebenarnya ia ngak bersalah. Bahkan Zulaihalah yang bersalah. Akan tetapi setan membikin Pene maka abaikan hingga Yusuf tentu berada di dalam sungguh-sungguh penjara semasa sebagian 1 thaun lagi.















Nabi Yusuf Menafsirkan Mimpi Loncha Mesir
















Paket Umroh Ramadhan 2015, Di satu hari Loncha Mesir memanggil segala penasihat selanjutnya tukang ramalnya, tadi malam sang Loncha bermimpi mengecek tujuh ekor lembu kurus memakan tujuh ekor lembu yang gemuk-gemuk. Setelah itu mengecek tujuh tangkai gandum yang hijau selanjutnya tujuh tangkai gandum kering. Pra penasihat, dukun, tukang hijuela diperintah akan mengartikan mimpi sang Loncha. Akan tetapi ngak banyak adalah jua yang mampu memberi respom yang menyenangkan. Loncha sungguh-sungguh putus harapan, untunglah Pene ingat bisa kepandaian Yusuf sewaktu berada dipenjara. Ia mengatakan rum ini pada Loncha. Yakni banyak adalah pemuda yang pintar mengartikan mimpi oleh cermat.

Loncha kelak mengutus Pene akan menemui Yusuf dipenjara selanjutnya minta Yusuf supaya ingin mengartikan mimpi ini. Yusuf tidak sekedar bersedia mengartikan mimpi ini, ia justru menerangkan jalan keluar melalui artimai mimpi sang Loncha ini. Berkata Yusuf: “Mesir bisa mendapatkan vulgo pesat semasa tujuh 1 thaun selanjutnya mendapatkan vulgo paceklik semasa tujuh 1 thaun. “Oleh sebab ini, “sambung Yusuf, buah panen semasa tujuh 1 thaun dimasa pesat disyaratkan disimpan baik-baik, ngak usah dihambur-hamburkan. Bagi persediaan tujuh 1 thaun vulgo paceklik. “Nabo balik menghadap Loncha, setelah disampaikan artimai mimpi ini sang Loncha merasa senang. Disaat itulah Pene menyampaikan pesan Yusuf supaya sang Loncha ingin mengadili Yusuf oleh seadil-adilnya \ sebenarnya ia ngak bersalah. Perkara Yusuf jua diselidiki selanjutnya setelah pasti ia ngak bersalah sang incisión membebaskannya melalui penjara.
Nabi Yusuf Menjabat Menteri Keuangan Kerajaan Mesir
Setelah Sang Loncha tahu kebenaran selanjutnya kesucian Yusus, ia makin tercantol. Apa lagi setelah diketahuinya bahwa Yusuf ini masyarakat yang cerdas hingga mampu memberi jalan keluar persoalan Keuangan kerajaan Mesir, jadi sang Loncha hasilnya memanggil Yusuf akan diangkat seperti Menteri Keuangan. Yusuflah yang mengepalai perbendaharaan Penjuru, ia jadi kepala gudang aga sanggup menanggulangi keserakahan afin de pejabat korup selanjutnya penindasan mereka terhadap rakyat mini terutama andai nanti tiba musim paceklik.
Paceklik di dalam Tanah Mesir
Berkaitan yang diucapkan Yusuf jadi kenyataan, sesudah berlangsung vulgo pesat semasa tujuh 1 thaun jadi datanglah vulgo paceklik. Pueblo paceklik ini jua melanda daerah Palestina rumah Nabi Ya’qub selanjutnya saudara-saudara Yusuf. Negeri Palestina yang awam menahu bakal datangnya kemarau panjang ini jelas kelabakan. Rakyatnya besar yang menderita kelaparan. Mereka mengenal di dalam Negeri Mesir besar tersedia bahan makanan selanjutnya boleh ditukar oleh emas akibat umum, anak-anak Nabi Ya’qub bermaksud melakukan ke Mesir. Di sewaktu ini Bunyamin ngak beserta dan. Sewaktu mereka tiba di dalam Mesir selanjutnya menukar emasnya oleh gandum mereka serupa 1x ngak mengira bahwa kepala gudang perbendaharaan Negeri Mesir ialah Yusuf saudara mereka sendiri. Yusuf tahu mereka tetapi pura-pura ngak mengetahuinya.

Yusuf melayani mereka seperti tamu terhormat, dijamu oleh makanan yang lezat-lezat, mereka jua diberi bekal pejalanan pulang. Selagi mereka bersiap-siap akan pulang ke Palestina, Yusuf berkata pada mereka: “Bawalah saudaramu yang seayah (maksudnya Bunyamin) andai ngak kalian bawa yang lain kali kalian ngak kuperbolehkan akses indonesia Mesir selanjutnya ngak boleh memilih bahan makanan disini. Mereka kaget mengenal ucapan sang menteri. Ngak disangka sang menteri tahu bahwa mereka tengah punya saudara lagi ialahj Bunyamin.













Bunyamin Bertemu Yusuf

















Selagi mereka tiba di dalam rumah selanjutnya mendapatkan karung gandum, buktinya emas-emas yang mereka tukarkan berada di dalam sungguh-sungguh karung bersama-sam gandum. Mereka heran selanjutnya \ melaporkan pada ayah mereka Nabi Ya’qub. “Sungguh aneh? “gumam Nabi Ya’qub. Selagi merekan mengatakan keperluan Menteri Keuangan supaya mereka ingin membawa Bunyamin ke Mesir, Nabi Ya’qub segera menolak. Ia kuatir Bunyamin bisa mendapatkan keberuntungan serupa Yusuf dahulu. “Jika kami ngak boleh membawa Bunyamin jadi kodrin ngak boleh memasuki Negeri Mesir selanjutnya ngak boleh memilih bahan makanan lagi, “kata mereka. “Nabi Ya’qub tentu ngak memperbolehkan Bunyamin dibawa melakukan. Choc atas kelenyapan Yusuf tengah menghantui dirinya. Akan tetapi sewakti persediaan bahan makanan kian lama kian menipis, jadi ngakl dapat ngak mereka disyaratkan melakukan ke Mesir lagi.

“Bersumpalah atas Julukan Tuhan, “Kata Nabi Ya’qub. “Bahwa kalian disyaratkan melindungi Bunyamin oleh segenap jiwa raga kalian. Jika terjalin sesuatu kalian disyaratkan membelanya hingga titik darah belakangan. “Mereka serentak menyatakan kesedihannya akan melindungi Bunyamin selanjutnya bersumpah moitié Jesus bisa membela selanjutnya membawa Bunyamin balik. Demikianlah, akan kali yang kedua mereka melakukan ke Mesir. Yusuf sebenarnya ngakl mantap menahan diri setelah mengecek saudara-saudaranya hadir membawa Bunyamin. Ia pingin \ memeluk Bunyamin erat-erat \ telah suram ngak bertemu oleh adik kandungnya ini. Akan tetapi akan sementara ia ngak pingin saudara-saudaranya yang lain ngerti bahwa ia ialah Yusuf yang sempat mereka masukkan ke sungguh-sungguh sumur. Ia mengejar rostro supaya Bunyamin sanggup perlu di dalam istana. Bukan beserta pulang ke Palestina. Yusuf kelak meletakkan piala incisión yang terbuat melalui emas di dalam karung Bunyamin.

Bagi sementara Yusuf membiarkan saudara-saudaranya berjalan ke luar kota. Akan tetapi ngak suram kelak ia memerintahkan prajurit akan menyusul rombongan saudara-saudaranya ini. Mereka terkejut sewakti serombongan prajurit menyusul selanjutnya memintanya berhenti. “Raja kami kelenyapan piala yang terbuat melalui emas. Apakah kalian mengetahuinya, siapa saja yang mendapatkan piala ini bisa diberi hadiah gandum satu tunggangan unta. Kami hadir ke Mesir tidak akan membikin kerusuhan, “Kata saudara-saudara Yusuf. Setelah itu kami bukanlah termasuk orang-orang yang mencuri. Pra prajurit berkata: Apakah hukuman buat masyarakat yang melancarkan pencurian ini? Hukumannya ialah jadi budak, itulah tebusan melalui perbuatannya, jawab saudara-saudara Yusuf.

Prajurit ini kelak menggeledah tiap karung melalui saudara-saudara Yusuf. Tiba-tiba mereka menemukannya di dalam sungguh-sungguh karung Bunyamin, tanpa kompromi lagi, Bunyamin dibawa menghadap Menteri Perekonomian ialahj Yusuf. Saudara-saudara Bunyamin yang lain dibolehkan pulang. Yahudza ngakl beserta pulang, ia merasa malu pada ayahnya \ telah berjanji melindungi Bunyamin melalui seluruh marabahaya, nyatanya Bunyamin \ ngakl dapat ia bawa pulang. Yahudza bersumpah ngak bisa pulang sebelum membawa Bunyamin atau ayahnya sendiri memanggilnya pulang. Sementara ini Bunyamin gemetar waktu ditampilkan pada Menteri Keuangan Mesir. Baru kali ini ia berhadapan oleh pejabat tinggi di dalam istana kerajaan. Wajahnya pucat pasi, demand rum ini ngakl berlangsung suram \ Yusuf \ memeluknya selanjutnya mengatakan siapa saja sebenarnya sang Menteri Keuangan ini. Pertemuan kakak beradik ini benar-benar mengharukan, Bunyamin menangis terisak-isak, ia \ menceritakan keberuntungan ayahnya di dalam Palestina. Betapa menderitanya sang ayah semenjak ditinggal Yusuf seluruh hari ayahnya menangis hingga matanya jadi putih selanjutnya ngakl sanggup mengecek lagi.















Impian Nabi Yusuf Menjabat Kenyataan












Begitu tahu Sembilan masyarakat anaknya pulang tanpa membawa Bunyamin, Nabi Ya’qub terpukul jiwanya. Ia bnear-benar sedih. Sudah kelenyapan Yusuf sekarang Bunyamin dibuat budak akibat penguasa Negeri Mesir. Dalam hari ke hari kelihatan nian kesedihan Nabi Ya’qub, sekarang ia berlimpah hobi menyendiri di dalam mihrabnya (tempat ibadah). Doang Tuhan tempatnya mengadu selanjutnya berkeluh kesah. Di satu hari ia meraih ilham bahwa Yusuf ini tengah hidup selanjutnya ngakl suram lagi ia bisa berjumpa oleh anak yang sungguh-sungguh dicintainya ini. Nabi Ya’qub kelak memerintahkan anak-anaknya mengembara ke Mesir: “ Carilah berita atas Yusuf di dalam Mesir selanjutnya berusahalah membebaskan Bunyamin supaya sanggup pulang. Disebabkan ngakl hingga hati mengecek penderitaan ayahnya, anak-anak Nabi ya’qub ini hasilnya melakukan ke Mesir lagi. Mereka segera menghadap Menteri Keuangan. Pada samping akan mitna bantuan makanan mereka jua mitna supaya penguasa Mesir ingin membebaskan Bunyamin.

“Ayah kodrin sungguh-sungguh bersedih semenjak kelenyapan Yusuf, lebih-lebih setelah Bunyamin jua ngakl sanggup balik pulang. Kami benar-benar mengharap belas kasih Paduka supaya ingin membebaskan Bunyamin hingga sanggup mengurangi penderitaan ayah kami. Hasilnya Yusuf ngakl hingga hati mengenal penuturan saudara-saudaranya atas ayahnya yang menderita. Sambil tersenyum ia berkata: “Masih ingatkah kalian, pada saudaramu Yusuf yang kalian lemparkan ke sungguh-sungguh sumur tanpa belas kasih. Kalian meninggalkannya adalah diri selayak barang yang ngakl berharga. Ngak kalian hiraukan ratap tangisnya selanjutnya kalian terus tertentu pulang tanpa merasa bersalah. Mendengar ucapan sang menteri mereka terkejut, trik menteri ini dapat mengetahu perkara rahasia yang ngakl sempat mereka bocorkan. Mereka saling pandang. Perlahan-lahan mereka mengamati wajah sang menteri. Senyumnya, wajahnya, jenis tubuhnya melalui atas - bawah, selanjutnya hasilnya obstruct berbarengan mereka berucap: “Engkau Yusuf! ”

“Benarlah! “Jawab Yusuf, “akulah Yusuf selanjutnya inilah adikku Bunyamin. Jesus oleh Rahmat-Nya telah mengakhiri penderitaanku selanjutnya ujian berat yang telah kualami. Setelah itu oleh rahmat-Nya jua kami dikaruniai rezeki berlimpah ruah selanjutnya penghidupan yang sejahtera. Demikianlah barang siapa saja yang bersabar, bertakwa selanjutnya bertawakkal gaklah bisa luput melalui pahala selanjutnya ganjaran-Nya. “Saudara-saudara Yusuf gemetar mengenal pengakuan ini? Terbayang balik perbuatan mereka waktu memasukkan Yusuf ke sungguh-sungguh sumur. Mereka kuatir jika Yusuf membalas dendam. Akan tetapo buktinya Yusuf bukanlah masyarakat yang pendendam, mereka dimaafkan. Yusuf kelak menempuh baju gamisnya selanjutnya diserahkan pada saudara-saudaranya.

“Usapkanlah baju indonesia kepada kedua belah mata ayah, insya Jesus beliau sanggup mengecek balik. Kemudia ajaklah ayah selanjutnya ibu ke Mesir secepatnya. Aku telah ngakl sabar akan bertemu. “Demikianlah, setelah mereka hadir di dalam Palestina, baju gamis Yusuf \ diusapkan di dalam kedua belah mata ayahnya, atas kehendak Jesus Nabi Ya’qub yang buta dapat mengecek balik. Nabi ya’qub selanjutnya keluarganya kelak pindah ke Mesir memadati permintaan Yusuf. Kini lengkaplah telah kebahagiaan Yusuf \ sanggup berkemlompok oleh seluruh keluarganya, Yusuf menaikkan ayah selanjutnya ibu (tirinya) ke singgasananya. Berkaitan yang sempat diimpikannya dul \ jadi nyata.