Selasa, 24 Maret 2015

Mewaspadai Lisan Tak Bertulang





Mewaspadai Lisan Tak Bertulang




Paket Umroh Bulan April 2015 ,Lisan, bentuknya memang relatif kecil apabila dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, akan tetapi ternyata punya peran yg sungguh-sungguh besar untuk kehidupan manusia. Celaka dan bahagia kenyataannya tak lepas dari bagaimana manusia memanajemen lidahnya. Bila lidah tak terkendali, dibiarkan berucap sekehendaknya, alamat kesengsaraan dapat segera menjelang. Sebaliknya apabila ia terkelola dengan baik , hemat di dalam berkata, dan memilih perkataan yg baik-baik, maka sebuah alamat akan datangnya banyak kebaikan.. Di saat kita hendak berkata-kata, tentunya kita wajib berpikir untuk memilihkan hal-hal yang baik untuk lidah kita. Apabila sulit mendapatkan kata yg indah lalu tepat maka ahsan (mendingan) diam. Inilah realisasi dari sabda Rasulullah sholallohu alaihi wasalam “Barangsiapa yg beriman kepada Allah lalu hari akhir maka harusnya ia berkata yang baik atau diam” ( HR Muslim )


 

Manakah lahan-medan kejelekan sehingga lidah kita tidak keliru memijaknya




Di samping itu kita pun wajib paham betul manakah lahan-medan kejelekan sehingga lidah kita tdk keliru memijaknya. Kita harus mengenal apakah suatu hal termasuk dalam bagian dosa bagi lidah kita atau tidak? Apabila kita telah tahu , sudah tentu kita bersegera untuk meninggalkannya. Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015



 

Diantara medan-medan dosa bagi lidah kita antara lain..



 

 Ghibah
    Ghibah jika didefinisikan maka sebagaimana yg diungkapkan oleh Rasulullah sholallohu alaihi wasalam: “Engkau menyebutkan tentang saudaramu, dengan apa-apa yg dia benci” terus bagaimana jika yg kita bicarakan tersebut terkadang benar-benar ada pada saudara kita? “Bila memang ada padanya apa yg engkau katakan maka engkau telah meng-ghibahinya, dan bila tidak ada padanya maka engkau telah berdusta” (HR. Muslim)

    Di dalam Al quran , Allah ta’ala menggambarkan orang yang meng-ghibahi saudaranya seperti orang yang memakan bangkai saudaranya:  “Janganlah kalian saling memata-matai dan jangan mengghibahi antara satu dengan yang lain, sukakah kalian memakan daging saudaranya tentu kalian akan benci” ( Al Hujurat 12)

    Jelas sangat menjijikkan makan daging bangkai , kian lama kian menjijkkan lagi jika yg dimakan adalah daging bangkai manusia , lebih lagi saudara kita sendiri. Demikianlah ghibah, ia pun amat menjijkkan sehingga sudah sepantasnya untuk dijauhi lalu dan ditinggalkan.



 

Beliau menyaksikan suatu kaum yang berkuku tembaga mencakar




 Lebih ngeri bila berbicara tentang ghibah, apabila kita mengetahui balasan yang akan diterima pelakunya. Seperti dikisahkan oleh Rasulullah sholallohu alaihi wasalam di malam mi’rajnya. Beliau menyaksikan suatu kaum yang berkuku tembaga mencakar wajah dan dada mereka sendiri. Rasul pun bertanya tentang keberadaan mereka, maka dijawab bahwa mereka lah orang-orang yang ghibah melanggar kehormatan orang lain. Umroh Bulan April 2015

  


 Namimah
  



Apabila diartikan ia bermakna memindahkan perkataan dari satu kaum kepada kaum yang lain untuk merusak keduanya. Ringkasnya “adu domba”. Sehingga Allah mengkisahkan tentang mereka dalam Al-Qur’an. Mereka yg berjalan dengan namimah , menghasut, dan mengumpat. Di sekitar kita orang yg mempunyai profesi sebagai tukang namimah sangat banyak bergentayangan, dan lebih sering di kenal menjadi provokator-kejelekan. Namimah bukan hal yang kecil , malah para ulama mengkatagorikannya di dalam dosa besar . Ancaman Rasulullah bagi tukang namimah  ” tidak akan masuk surga orang yg mengadu domba” (HR Bukhari)

    Akibat ghibah ini sangat besar sekali, dengannya terkoyak persahabatan saudara karib dan melepaskan ikatan yg telah dikokohkan oleh Allah. Ia pun mengakibatkan kerusakan di muka bumi serta menimbulkan permusuhan dan kebencian.

   



Dusta
   


Dusta ialah menyelisihi kenyataan atau realita. Dusta bukanlah akhlaq orang yg beriman, malahan ia melekat dalam kepribadian orang munafiq “Tiga ciri orang munafik, bila berkata berdusta, jika berjanji mengingkari lalu bila dipercaya berkhianat” (HR Bukhari dan Muslim)

    Padahal orang munafik balasannya luar biasa mengerikan “di bawah kerak api neraka” Dusta pun membawa pelakunya kepada kejelekan “Sungguh kedustaan membuktikan kepada kejelekan dan kejelekan membawa kepada neraka. Paket Umroh  Murah Bulan Desember 2015

Disalin dari: Arsip Moslem Blogs dan sumber artikel dari Media Muslim Info