Kamis, 04 Juni 2015

Jejak Islamic In Kota Rotterdam













Jejak Islamic In Kota Rotterdam





















Paket Umroh Promo Bulan Desember 2015, Rotterdam termasuk kota termega ke 2 pada Belanda daran salah satu kota pelabuhan termega daran tersibuk pada tempat. Boleh jadi sebab faktor itulah, Rotterdam termasuk kota melalui prosentase penduduk asing tertinggi pada Belanda. Sekitar 47% penduduk Rotterdam yaitu ketururnan Suriname, Turki, Maroko, Aruba, daran lain-lain. Karakteristik kota Rotterdam termasuk kota terkait tampak cantik melalui arsitektur bangunan today's, bertentangan melalui kota-kota yang lain pada Belanda dalam khas melalui bangunan kota tua daran peninggalan zaman dahulu. Tegn arsitektur ternama pada Rotterdam antara lain Erasmus Link, Cubic Quarters daran Euromast. In bidang pendidikan, universitas primer pada Rotterdam termasuk Erasmus Grounds Rotterdam (EUR), melalui Fakultas Kedokteran-nya (Erasmus Expert Center) menjabat daerah penulis belajar.
Tidak cukup lebih 13% warga Rotterdam beragama Islamic.





















Bukan sulit tuk menemukan makanan halal pada sini





















Paket Umroh Promo Bulan Desember 2015, Yg menarik, walikota Rotterdam sekarang beragama Islamic. Beliau termasuk Ahmed Aboutaleb, warga Belanda yang mempunyai garis keturunan Maroko dalam memerankan walikota Rotterdam mulai dari bulan Januari the year just gone. Beliau termasuk satu–satunya walikota islamic pada negri Belanda. In Rotterdam, anda melalui mulus menemukan masjid dalam melimpah tertebar pada semua penjuru kota. Tetapi, melimpah masjid dalam bukan tampak menjabat masjid, sebab bangunannya tampak misalnya apartemen dalam menyatu melalui rumah-rumah, apartemen, ataupun kantor pada sekelilingnya. Doang satu 2 masjid juga dalam tampak menjabat masjid, misalnya hadirnya menara daran kubah khas masjid. Pendatang anyar kelihatannya tetap kesulitan memilih lokasi-lokasi masjid ini, walaupun sebenarnya sedia pada mana-mana.
Masjid-masjid ini dikelola dengan warga keturunan Turki, Maroko, Pakistan, Somalia, Boznia ataupun Dalam negeri. Uniknya, segenap masjid pada Rotterdam dulunya termasuk bangunan bekas gereja dalam lalu beralih guna memerankan masjid. Maka, melimpah bangunan masjid pada Rotterdam dalam luar tampak misalnya bangunan gereja, gedung, ataupun griya lumrah. Masjid Essalam (Gambar 1) dalam terletak pada bagian selatan kota Rotterdam, termasuk masjid termega pada Belanda. Masjid terkait terletak bukan dalam dalam Stadion fuente Kulp, kandang dalam klub soccer Feyenoord. Melewati teks terkait, kami hendak menggambarkan minim tentang kehidupan islamic pada Rotterdam.
Masjid-Essalam















Kegiatan pelajar islamic pada Erasmus Hospital (EMC)



















Dengan halnya kampus fakultas kedokteran (FK) yang lain, kampus FK EUR memerankan satu kompleks melalui griya sakit (EMC). In gedung fakultas, terdapat satu ruang khsusus tuk shalat dalam memuaskan, agak besar melalui daerah shalat buza daran putri dalam dipisah. Sedangkan pada griya sakit EMC, terdapat a pair of daerah shalat dalam dapat dijadikan solusi. Sambil menunggu masa shalat, anda dapat berbagi pengalaman melalui pelajar islamic yang lain dalam segenap besar yaitu warga keturunan Turki ataupun Afghanistan, daran sedia pula (meskipun sedikit) dalam dalam Irak, Maroko, Pakistan daran justru warga Belanda. Bilamana buka masa shalat, kami leluasa membuang kelas melalui pemberitahuan terlebih dulu ke dosen dalam mengajar, mereka bukan keberatan serupa sekali. Begitu pula apabila shalat Jumat. Kami lumrah shalat jumat pada musholla pada gedung fakultas, walaupun cuma minim jamaah dalam muncul, sekeliling 10-15 orang. Khutbah disampaikan yang bahasa English. Kami sungguh-sungguh bersyukur bahwa pada EMC terkait, kami bukan usah jauh-jauh tuk menghadiri shalat Jumat, bertentangan melalui pelajar pada kota yang lain.












terdapat schedule kuliah dalam bentrok melalui shalat Jumat
















Sekarang awal-awal kuliah, terdapat schedule kuliah dalam bentrok melalui shalat Jumat. Sehabis kami diskusikan lewat baik-baik, sisi pengelola training S2 EMC melalui puas hati mengubah schedule kuliah tuk membantu harapan pada pelajar islamic supaya dapat shalat Jumat. Yg menarik, pasti sahabat-sahabat daran band?ius kami sendiri dalam notabene non-muslim, mengingatkan tuk segera shalat Jumat waktu masa telah tiba daran membuang aktifitas kami pada dental lab. Demikian pula kali hari límite, kami leluasa mitna ijin tuk bukan menyertai pada kelas ataupun ijin prei. Perihal terkait sebab pada Belanda, hari límite Idul Fitri daran Idul Adha bukan buka yang hari prei nasional resmi pemerintah.

Ketika bekerja pada laboratorium tuk penelitian, sungguh-sungguh bernilai tuk menjelaskan posisi anda menjabat adalah islamic. Mereka tetap sungguh-sungguh menghormati. Sepenuhnya teman, dosen pembimbing daran teknisi pada laboratorium mengerti (dan wajib tahu) bahwa “saya termasuk adalah muslim”. Bilamana sedia acara-acara pada laboratorium, mereka tetap lewat khsusus menyediakan makanan daran minuman dalam halal teruntuk penulis daran pelajar islamic yang lain pada sini. Walaupun pasti mereka membanding-bandingkan melalui pelajar islamic yang lain dalam tetap juga beserta mabuk, mereka tetap sungguh-sungguh respek melalui sikap tegas anda yang memperlancar agama Islamic. Ngak usah sempat malu tuk menyampaikan identitas anda menjabat adalah islamic pada sini.

Penyusun sungguh-sungguh bersyukur bahwa waktu menempuh training S3 (PhD) pada sini, manager ataupun dosen pembimbing (co-promotor) penulis termasuk adalah islamic dalam taat. Kadang-kadang waktu buka masa shalat Dzuhur ataupun Ashar, beliau mengundang penulis tuk shalat berjamaah pada musholla fakultas. Demikian pun waktu quick break (hari Sabtu ataupun Ahad), beliau pasti mengundang penulis tuk mengunjungi saudara-saudara islamic yang lain pada kota terkait.
Persatuan Pelajar Muslim Rotterdam (PPMR)




















Perhimpunan Pelajar Dalam negeri






























Ketika kota-kota lainnnya pada Belanda cuma punya satu wadah organisasi pelajar Dalam negeri, ialah Perhimpunan Pelajar Dalam negeri (PPI), hingga pada Rotterdam terdapat pula wadah special teruntuk pelajar islamic, ialah Persatuan Pelajar Muslim Rotterdam (PPMR). Malah sempat yang sejarahnya, PPMR bahkan lebih dominan daran lebih hidup dibandingkan PPI. Melalui rutin, PPMR mengadakan pengajian bulanan, pengumpulan zakat daran sedekah, daran aktivitas yang lain misalnya permainan (sepakbola) dengan. Kadang-kadang, kegiatan-kegiatan ini pun berkooperasi melalui PPI Rotterdam. PPMR termasuk daerah teruntuk pelajar islamic pada Rotterdam tuk dapat saling mengingatkan daran menasihati yang kebaikan, sehingga bukan terlena melalui kehidupan tempat semasa studi pada Rotterdam daran tetap mengingati akhirat. Yang kemampuan yang menulis, dapat menuangkan gagasan daran gagasannya pada on a daily basis PPMR.
Organisasi Muslim pada Rotterdam

Geliat kehidupan islamic pada Rotterdam pun bukan terlepas dalam penuhnya organisasi-organisasi islamic pada Rotterdam. Mereka lewat rutin mengadakan berbagai perkerjaan keislaman misalnya pengajian daran belajar memahami Al-Qur’an. Sekarang bulan Ramadhan tiba, mereka mengadakan buka puasa daran shalat tarawih dengan. Pula mengasuh pelaksanaan ibadah kali hari límite Idul Fitri daran Idul Adha. Berikut terkait kurang lebih organisasi Islamic pada Rotterdam, terutama dalam dikelola dengan warga Dalam negeri dalam perlu pada Rotterdam.
one Indonesische Stichting Rotterdam (ISR)

Organisasi ISR mengatur Masjid Nasuha, dalam terletak bukan dalam dalam Rotterdam Single Stasion (stasiun kereta api primer pada Rotterdam). ISR rutin mengadakan pengajian 1 minggu sekali dalam malam Ahad (Sabtu malam). Pengajian diadakan yang bahasa Belanda sebab kurang lebih jamah pengajian ISR termasuk warga Belanda dalam buka Islamic (muallaf) daran sulit memahami bahasa Dalam negeri. Mayoritas jamaah termasuk warga Dalam negeri dalam telah cieno perlu pada Rotterdam sehingga mereka pada dasarnya sanggup berbicara Belanda. Pula diadakan pelajaran memahami Al-Qur’an, terutama tuk anak-anak. In masjid Nasuha pun diadakan shalat Jumat rutin melalui khutbah berbicara Dalam negeri sebab segenap besar jamaah shalat Jumat termasuk pelajar Dalam negeri pada Rotterdam. ISR pun berkontribusi tuk menerjemahkan Al-Qur’an ke yang bahasa Belanda daran telah dicetak.
second . Himpunan Masyarakat Muslim Dalam negeri Rotterdam (HIMMI)

HIMMI pun rutin mengadakan pengajian daran perkerjaan belajar memahami Al-Qur’an, bener tuk orang tua juga anak-anak dalam diadakan tiap hari Sabtu sore. Mayoritas jamaahnya pun warga Dalam negeri dalam telah perlu cieno pada Rotterdam sehingga kegiatan-kegiatan HIMMI diadakan yang bahasa Dalam negeri.
as well as more. Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa Rotterdam (PPME)

PPME termasuk organisasi pemuda islamic se-Eropa daran punya melimpah cabang pada Belanda, misalnya PPME Amsterdam, PPME Han Haag, daran PPME Rotterdam. Sama misalnya ISR daran HIMMI, PPME pun mengadakan pengajian rutin tuk orang dewasa daran anak-anak, bener yang bahasa Dalam negeri juga bahasa Belanda dalam mereka adakan setiap a pair of minggu sekali. Sekarang, PPME lagi merencanakan tuk membangun Masjid Tafakur menjabat induk perkerjaan mereka pada Rotterdam, melalui perfect biaya minim lebih 787. 482 Dollar (silakan dikalikan melalui sprachkurs 1 Dollar +/- Rp 14. 000). Mampu diamati rencana ini pada website online resmi PPME:.
effective. Al-Jamiatul Hasana

Organisasi terkait didominasi dengan orang-orang Jawa keturunan Suriname. Mereka mengadakan pertemuan hari Ahad pekan ke tiga tiap bulannya melalui diisi kajian publik tentang keislaman. Bahasa pengantar pada sini termasuk bahasa Jawa daran Belanda sehingga teruntuk rekan-rekan dalam bermakas dalam suku Jawa, bukan sedia salahnya tuk sesekali menyertai pengajian mereka sekalian merasakan hidangan jajanan excederse khas Jawa dalam memerankan palate wajib mereka. & pun mendengar percakapan yang bahasa Jawa ala Suriname.
Sekolah Islamic pada Rotterdam

Bagi orang tua yang mempunyai putri, terdapat solusi tuk menyekolahkan anak-anak mereka pada sekolah Islamic. In sini, mereka bukan cuma belajar pelajaran publik juga, meskipun pun diajarkan memahami daran menghapal Al-Qur’an, belajar menulis Arab, menghapal hadits daran doa sehari-hari, pun pelajaran tentang praktek ibadah misalnya shalat, walaupun melalui frekuensi dalam relatif tena minim. Mayoritasnya tetap belajar pelajaran publik. Kadang pun diadakan pelajaran manasik haji. Pelajaran Islamic tambahan dapat mereka diperoleh melalui mengaji pada masjid selesai quickly pull sekolah. Mereka pun diajarkan tentang akhlak sehingga sanggup punya akhlak daran perilaku dalam bertentangan melalui em fun??o de remaja pada Belanda lewat publik. Sekolah-sekolah Islamic terkait tetap disubsidi dengan pemerintah Belanda sehingga bukan usah melunasi else pere sebagaimana sekolah-sekolah publik pada Belanda yang lain. Kalaupun tena sedia iuran, cuma sekeliling fifty the (€) (Rp 750. 000) with regard to setahun.
Mari Belajar Islamic Jauh Di Pula
Segenap (atau mayoritas) warga Belanda termasuk atheis, bukan mengakui hadirnya Pencipta alam semesta terkait sehingga mereka jua bukan punya agama terpilih. Segenap pada antara mereka seringkali berdiskusi daran bertanya pada kami tentang berkaitan ini Islamic, seandainya waktu mereka mengawasi kami mitna ijin tuk shalat ataupun menunaikan ibadah puasa. Pertanyaan kadang dapat dalam lebih yang, seandainya tentang Al-Qur’an, tentang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi california sallam, tentang surga daran neraka, pahala daran dosa, puasa Ramadhan daran sebagainya. Segenap pada antara mereka mempersepsikan Islamic menjabat agama dalam sungguh-sungguh berat dijalani, sebab wajib shalat limado masa tiap hari daran pun ibadah puasa, terutama bila bulan Ramadhan bertepatan melalui musim panas. In sinilah kami berpikir bahwa bakalnya siapa saja jua dalam hendak sekolah pada luar negri (terutama pada Eropa), jangan lupa tuk membekali data melalui ilmu agama lumayan. Selain tuk mengontrol data anda pada tengah-tengah pergaulan semasa pada Europe, pun dapat digunakan menjabat sarana dakwah tuk mengenalkan Islamic pada mereka, pada antaranya melewati diskusi simple misalnya terkait.

Demikian sekilas tentang kehidupan warga islamic pada Rotterdam. In tengah-tengah kehidupan Belanda dalam serba bebas (perkawinan sejenis, narkotika, pornografi, position putri minus nikah, diperbolehkan pada sini), tena terdapat saudara-saudara islamic anda pada Rotterdam dalam melalui teguh berupaya berpegang melalui agamanya daran mempelajari agama Islamic minim demi minim. Moga-moga Loke Ta’ala senantiasa mengontrol anda daran mereka, pada manapun berposisi.

***
















Kenalin















Paket Umroh Promo Bulan Desember 2015
Penyusun: doctor M. Saifudin Hakim, MSc.
[Penulis termasuk mahasiswa pasca-sarjana (S2) pada Erasmus Hospital Rotterdam, perlu pada Rotterdam mulai dari bulan Agustus this year hingga melalui The fall of 2013. Diawali bulan The fall of 2014 hingga kini, penulis menempuh training doktor (S3) pada institusi dalam serupa. Penyusun mengucapkan terima kasih pada doctor The new. Zulfa Juniarto, MScMed, PhD, SpAnd (alumnus S3 pada Erasmus MC) dalam suah membantu saran daran masukan kepada teks terkait. ]