Minggu, 19 April 2015

Hari Istimewa Hari Kebangkitan Itu Pasti









Hari Istimewa Hari Kebangkitan Itu Pasti















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Sebetulnya di antara ajaran Rasullulloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam yang ditentang oleh mayoritas masyarakat Jahiliyah merupakan tentang kebangkitan dari kubur. Mereka menganggap mustahil manusia hidup kembali sehabis tubuhnya hancur serta melebur dengan tanah.
Allah Subhanahu wa Ta’ala mengisahkan hal diatas dalam firmanNya, yang artinya: “Kemudian jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, lalu yang harus mengherankan adalah ucapan mereka, ‘Apabila kami telah menjadi tanah, apa-kah kami sebenarnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?’ Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; serta orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di leher-nya; mereka itulah penghuni Neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS: Ar-Ra’d: 5). (Lihat juga; Al-Mu’minun: 82-83; Qaaf: 3; As-Sajdah: 10)

Al-Qur’an telah meyakinkan munculnya ba’ts (kebangkitan) beserta sanggahan atas orang-orang yang mengingkarinya dengan metode yang hebat serta jitu, sehingga memaksa upaya sehat untuk menerimanya serta tunduk kepadanya. Pada umumnya metode itu bisa disaksikan, diindera beserta difahami oleh akal secara nyata.















Paling tidak, di dalam Al-Qur’an ada empat macam metode pembuktian adanya kebangkitan.












Paket Umroh Ramadhan 2015

Metode Pertama:
Ber-istidlal (pembuktian) dengan penciptaan langit lalu bumi lalu benda-benda yang agung yang menjadi saksi atas kesempurnaan ciptaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala serta bukti atas kekuasaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala yang absolut; salahsatu perkara yang mengharuskan ke-Mahakuasaan Alloh Subhanahu wa Ta’ala atas perkara yang lebih kecil dari itu. Alloh Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan hal ini, yang artinya: “Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya Alloh yang menciptakan langit serta bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetapkan waktu yang tertentu bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zhalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran.” (QS: Al-Isra': 99).












Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia













Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sebetulnya Alloh yang menciptakan langit serta bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (malahan) sebetulnya Dia Mahakuasa atas seluruh sesuatu.” (QS: Al-Ahqaf: 33).
“Sebenarnya penciptaan langit lalu bumi lebih besar daripada penciptaan manusia, tapi umumnya manusia tidak mengetahui.” (QS: Ghafir: 57).








Ber-istidlal












Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Serta masih banyak lagi ayat-ayat yang menjelaskan tentang hal ini, segalanya menjelaskan bahwa menciptakan manusia serta membangkitkan sesudah mati ialah lebih mudah dan lebih ringan daripada menciptakan makhluk-makhluk raksasa ini. Padahal segalanya itu kecil bagi Alloh Subhanahu wa Ta’ala.
Metode Kedua:
Ber-istidlal akan hadirnya ba’ts dengan penciptaan manusia pertama kali, oleh dikarenakan siapa yang dapat menciptakan manusia tentu dapat mengembalikannya untuk kedua kalinya. Kepastian layaknya ini berlebih terdapat di dalam Al-Qur’an, misalnya firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala, yang artinya: “Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sebetulnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, akhirnya dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya lalu yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) sampailah kamu kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan lalu (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya.” (QS: Al-Hajj: 5).












Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan









 “Serta Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghi-dupkan)-nya kembali, serta menghidupkan kembali itu merupakan lebih mudah bagi-Nya. Lalu bagiNyalah sifat yang Mahatinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” (QS: Ar-Ruum: 27)
Pada ayat-ayat yang kami kemukakan di atas juga pada ayat-ayat lain yang serupa terdapat teguran yang menggugah orang-orang yang ingkar agar bakal melihat lalu merenungi dirinya sendiri; dari mana pertama kali ia diciptakan, juga supaya merenungi masa-masa yang telah ia lewati setiap tahapan yang sering berbeda dengan yang sebelumnya. Maka, yang dapat mengadakan manusia –dari tidak ada– niscaya Dia tidak akan kesusahan mengembalikannya sekali lagi, sebaliknya hal itu lebih mudah dari menciptakannya pertama kali. Perbedaan ini jika diukur dengan akal dan kebiasaan manusia. Sedangkan menurut Alloh Subhanahu wa Ta’ala, maka tidak ada sesuatu yang lebih mudah dari yang lain, semuanya mudah bagiNya.













hari kebangkitan sesudah mati dengan menghidupkan bumi sesudah matinya












Metode Ketiga:
Alloh Subhanahu wa Ta’ala menegakkan dalil munculnya hari kebangkitan sesudah mati dengan menghidupkan bumi sesudah matinya, seperti yang terdapat dalam ayat, yang artinya: “Dan Dialah yang meniupkan angin menjadi pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan), sehingga jika angin itu telah membawa awan, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan, seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.” (QS: Al-A’raf: 57). (Lihat juga Al-Hajj: 5; Az-Zukhruf: 11)