Kamis, 09 April 2015

Tausiah Seputar Romadhon Jangan Begadang






Tausiah Seputar Romadhon Jangan Begadang







Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Sejumlah orang bahkan begadang sepanjang malam, yang hal itu sebatas membawa dampak negatif, baik berupa obrolan kosong, permainan yang tidak ada keuntungannya ataupun keluyuran di jalanan. Mereka makan sahur di pertengahan malam dan tertidur sehingga tidak melaksanakan shalat Shubuh berjamaah









Dalam hal inl banyak hal-hal yang dilarang, di antaranya adalah:








Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Begadang tanpa manfaat, padahal Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam benar-benar membenci tidur sebelum shalat Isya’ dan membahas sesudahnya, kecuali dalam hal-hal yang baik, seperti diterangkan dalam hadits riwayat Ibnu Mas’ud, yang artinya: “Tidak diperkenankan bercakap cakap di malam hari kecuali untuk orang yang lagi mengerjakan shalat atau lagi bepergian.” (HR: Ahmad, As-Suyuti menandainya sebagai hadits hasan).
Tersia-siakannya durasi yang amat mahal di bulan Romadhon dengan percuma, padahal manusia akan merugi sekali dari tiap waktunya yang berlalu tanpa diisi dengan dzikir sedikit pun kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala.












Mendahulukan sahur sebelum saat yang dianjurkan dan disunnahkan yakni di akhir malam sebelum fajar.








Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Serta musibah terbesar adalah ia tertidur sampai melewati shalat Shubuh tepat pada waktunya dengan berjamaah, padahal pahalanya sebanding dengan memenuhi shalat separuh malam malah semalam suntuk, seperti diterangkan dalam hadits riwayat Utsman radhiAllohu ‘anhu bahwasanya Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Barangsiapa mendirikan shalat Isya’ dengan berjamaah;maka ia bagaikan memenuhi shalat separuh malam; dan barangsiapa shalat shubuh berjamaah maka ia bagaikan shalat semalam suntuk.” (HR: Muslim).







Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Alloh









Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Oleh karena itu, mereka yang sering mengakhirkan shalat dan bermalas-malasan dalam melaksanakannya beserta menghalangi dirinya sendiri dari keutamaan kemudian pahala shalat berjamaah yang agung berarti memiliki sifat-sifat orang munafik.
Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Alloh, dan Alloh akan membalas tipuan mereka; Dan bilamana mereka mendirikan shalat mereka mendirikannya dengan malas.” (QS: An-Nisaa': 142).
Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya shalat yang terberat tuk orang-orang munafik yaitu shalat Isya’ dan Shubuh, jika mereka mengerti pahalanya, niscaya mereka mendatanginya kendatipun dengan merangkak.” (HR: Al-Bukhari dan Muslim).







shalat malam dan menyibukkan diri dengan dzikir








Maka sudah selayaknya -terutama di bulan Romadhon- semua muslim segera tidur sehabis melangsungkan shalat tarawih, lain secepatnya bangun di akhir malam, kemudian shalat malam dan menyibukkan diri dengan dzikir, do’a, istighfar dan taubat sebelum dan seusai sahur hingga shalat fajar.

Akan tetapi lebih utama lagi jika ia habiskan malam harinya dengan memahami dan mempelajari Al-Qur’an, seperti yang telah dilakukan Nabi shallAllohu a’alaihi wasallam bersama Malaikat Jibril.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala memuji dan menyanjung orang-orang yang memohon ampunan di akhir malam, sebagaimana dalam firman-Nya, yang artinya: “Mereka sedikit sekali ridur di malam hari, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampunan kepada Alloh).” (QS: Adz-Dzaariyaat:17-l8).






Renungan








Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Alloh Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam sewaktu malam tinggal sepertiga bagian akhir, lantas berfirman, ‘Barangsiapa berdo’a akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang memohon pasti Aku perkenankan. Barangsiapa minta ampun niscaya Aku mengampuninya, hingga terbit fajar.” (HR: Muslim)

Maka sudah sepantasnya bagi setiap muslim yang selalu berharap rahmat Tuhannya dan takut terhadap siksaNya- memanfaatkan kesempatan penting ini, dengan berdo’a dan mohon ampun kepada Alloh untuk dirinya, kedua orang tuanya, anak-anaknya, segenap kaum muslimin serta para penguasanya. Memohon ampun dan bertaubat kepada Alloh di setiap malam bulan Romadhon dan di setiap saat dari umurnya yang terbatas sebelum maut menjemput, amal perbuatan terputus dan penyesalan berkepanjangan. Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Dan bertaubatlah kalian seluruh orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung.” (QS: An-Nuur: 31)

Ya Alloh Subhanahu wa Ta’ala terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan ke haribaan Nabi Muhammad shallAllohu ‘alaihi wasallam, segenap keluarga dan para sahabatnya.