Kamis, 09 April 2015

Tausiah Seputar Ramadhan Makan Minum Jangan Berlebihan






Tausiah Seputar Ramadhan: Makan & Minum Jangan Berlebihan









Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Pada bulan Romadhon tdk sedikit orang yang membuat bermacam variasi pada menu makanan lalu minuman mereka. Walaupun hal itu diperbolehkan, tetapi tdk dibenarkan untuk seorang muslim israf (berlebih-lebihan) dan melampaui batas. Bahkan seharusnya ialah menyederhanakan makanan dan minumannya tersebut.







Makan dan minumlah dan janganlah kalian berbuat israf








Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015
, Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yg artinya: “Makan dan minumlah lalu janganlah kalian berbuat israf (berlebih-lebihan), sesungguhnya Alloh tdk menyukai orang-orang yg berbuat israf. “ (QS: Al-A’raaf: 31). Ayat ini termasuk pangkal ilmu kedokteran. Segenap salaf berkomentar: “Alloh Subhanahu wa Ta’ala mengklasifikasikan segala ilmu kedokteran hanya dalam setengah ayat,” lantas membacakan ayat ini. ( Lihat Tafsir Ibnu Katsir 2/210.)





Ayat ini menganjurkan makan dan minum yang merupakan penopang utama







Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Ayat ini menganjurkan makan serta minum yg merupakan penopang utama untuk kelangsungan hidup seseorang, kemudian melarang berlebih-lebihan di dalam hal tersebut dikarenakan dapat membahayakan tubuh. Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yg maksudnya: “Makanlah, minumlah, berpakaianlah dan bersedekahlah tanpa disertai dgn berlebih-lebihan dan kesombongan. “ (HR: Abu Daud dan Ahmad, Al-Bukhari meriwayatkannya secara mu’allaq)







Tiada tempat yang lebih buruk, yang dipenuhi anak Adam daripada perutnya









Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015, Nabi shallAllohu halaihi wasallam bersabda lagi, yg artinya: “‘Tiada tempat yang lebih buruk, yang dipenuhi anak Adam daripada perutnya, cukuplah untuk mereka beberapa snap yang dapat menopang tulang punggungnya (penyambung hidupnya) jika hal itu tidak bisa dihindari maka masing-masing sepertiga bagian tuk makanannya, minumnya dan nafasnya.” (HR: Ahmad, An-Nasaa’i, Ibnu Majah dan At-Tfrmidzi, beliau berkomentar: Hadits ini Hasan, dan hadits ini ialah dasar utama bagi semua dasar ilmu kedokteran). (Lihat Al Majmu’atul Jalilah, hlm. 452.)







Malik bin Dinar radhiAllohu’anhu berkata









Malik bin Dinar radhiAllohu’anhu berkata: “Tdk pantas untuk seorang mukmin menjadikan perutnya sebagai tujuan utama, dan nafsu syahwat mengendalikan dirinya.”

Sufyan Ats-Tsauri rahimahulloh berkata: “Jika Anda menghendaki badan sehat lalu tidur sedikit, maka makanlah sedikit saja.”

Dari Abu Hurairah radhiAllohu ‘anhu, Nabi shallAllohu ‘alaihi wasallam bersabda, yg artinya: “Sungguh, di antara yg paling aku khawatirkan menimpa kamu sekalian ialah nafsu yg menyesatkan di dalam perut dan kemaluanmu serta hal-hal yang dapat menyesatkan hawa nafsu.” (HR: Ahmad).








Renungan










Ketahuilah, bahwa dampak teringan akibat berlebih-lebihan di dalam makan dan minum ialah banyak tidur lalu malas menjalankan shalat tarawih serta membaca Al-Qur’an, balk di waktu malam atau di siang hari. Barangsiapa yg banyak makan dan minumnya, maka akan banyak tidurnya hingga tdk sedikit kerugian yg menimpanya

Karena ia sudah menyia-nyiakan detik-detik Ramadhan yg mulia dan luar biasa berharga yg tidak dapat digantikan dgn waktu lain serta tdk ada yg menyamainya. Ketahuilah bahwa waktumu terbatas lalu detak nafasmu terkalkulasi rapi, sedangkan dirimu nanti akan dimintai pertanggungjawaban atas waktumu, dan kamu akan diganjar atas perbuatan yg kamu lakukan di dalamnya. Maka janganlah sekali-kali kamu menyia-nyiakannya tanpa amal perbuatan dan jangan kamu biarkan umurmu pergi percuma, terutama pada bulan dan musim yang mulia dan agung ini.