Kamis, 23 April 2015

Hukum Sujud Dan Melakukan Penyembelihan di Atas Kuburan















Hukum Sujud Dan Melakukan Penyembelihan di Atas Kuburan















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Sujud serta menyembelih di atas kuburan adalah jenis pemujaan berhala Jahiliyah, hukumnya syirik akbar. Hal ini karena sujud serta penyembelihan merupakan ibadah, kemudian ibadah tdk bisa dikasih kecuali hanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala semata. Barangsiapa memberikannya kepada selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala maka ia termasuk orang musyrik.



















Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu sebuah sungai di syurga
















Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya, : “Katakanlah: Sebetulnya shalatku, sembelihanku, hidupku serta matiku hanyalah untuk Alloh, Rabb semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya serta demikian itu-lah yang diperintahkan kepadaku serta aku adalah orang yg pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala).” (QS: Al-Anam: 162-163). Serta yg artinya:  “Sebetulnya Kami telah memberikan kepadamu sebuah sungai di syurga, maka dirikanlah shalat dikarenakan Rabbmu dan berkorbanlah (untuk-Nya).” (QS: Al-Kautsar: 1-2).




















berkorban dengan menyembelih di sisinya.

















Paket Umroh Bulan Ramadhan 2015 ,Serta selain ayat-ayat di atas, masih banyak ayat-ayat yg menunjukkan yakni sebenarnya sujud serta penyembelihan yaitu ibadah, dan melaksanakannya untuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala ialah syirik akbar. Tidak diragukan lagi, sebenarnya tujuan seseorang hadir ke kuburan untuk melakukan sujud di atasnya serta penyembelihan di sisinya adalah demi mengagungi dan memuliakannya dengan sujud di atasnya serta berkorban dengan menyembelih di sisinya.
















Alloh melaknat orang yang melindungi pelaku bid'ah














Paket Umroh Ramadhan 2015 ,Imam Muslim meriwayatkan di dalam hadits yg panjang di Bab “Haramnya menyembelih untuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala  serta orang yg mengerjakannya terlaknat”- dari Ali bin Abi Thalib berkata, yang artinya, : “Rasululloh Shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengabarkan saya akan empat kalimat; Alloh melaknat orang yg menyembelih untuk selain Alloh; Alloh melaknat orang yg melaknat ibu bapaknya; Alloh melaknat orang yg melindungi pelaku bidah; serta Alloh melaknat orang yg merubah tanda-tanda di atas bumi.”















Seseorang bernazar untuk menyembelih seekor unta di Bawanah

















Dan Abu Daud meriwayatkan di dalam kitab Sunannya dari jalur Tsabit ban Ad Dhahak ia berkata, yg artinya: Seseorang bernazar untuk menyembelih seekor unta di Bawanah, maka Rasululloh Shalallahu ‘alaihi wassalam berdiskusi: “Apakah di situ (dahulu) terdapat berhala dari berhala-berhala orang jahiliyah yg diibadati?” Mereka berkata: Tidak. Lalu Beliau bertanya lagi: “Apa dulu di situ terdapat perayaan dari perayaan mereka?” Mereka berkata: Tidak. Maka Rasululloh bersabda: “Penuhilah nazarmu, sebenarnya tdk ada jenis pembayaran pun untuk nazar maksiat kepada Allah, dan nazar pada tentang yg dimiliki oleh orang lain.”











 perbuatan terlaknat














Oleh sebab itu apa yg dijelaskan tadi memperlihatkan yakni orang yg menyembelih untuk selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala yaitu perbuatan terlaknat,. Dan hadits juga membuktikan yakni haramnya menyembelih di suatu tempat, hal mana di tempat itu diagungi (tempat pengagungan) selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala  contohnya berhala, kuburan, ataupun area dimana di tempat itu berkumpulnya orang-orang jahiliyah (orang yg membuat syirik), dan mereka merayakan serta mendatanginya, meski mereka meniatkan perbuatan itu lillah dikarenakan Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala melimpahkan salawat serta salam atas Nabi kita Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam dan keluarga beliau dan para sahabatnya sekalian.

(Sumber Fatwa: Lembaga Tetap Pengkajian Ilmiyah dan Fatwa KSA, diterjemahkan oleh Abu Abdillah dengan sedikit perubahan redaksi)